Hamas Tangkap Pendiri Kelompok Syiah Dukungan Iran di Gaza
Cari Berita

Advertisement

Hamas Tangkap Pendiri Kelompok Syiah Dukungan Iran di Gaza

Baidury Achmad
Mar 4, 2019

ISLAMINEWS – Hamas menangkap Hisyam Salam, pemimpin organisasi al-Sabrin yang disponsori Iran di Gaza. Salam ditangkap bersama empat ajudannya dan pejabat senior al-Sabrin.

Sejumlah barang disita dari kediaman Salam, di antaranya perangkat digital, komputer, ponsel, dan dokumen. Penahanan Salam datang sebagai pukulan besar bagi Iran. Iran telah melakukan investasi besar dalam mendapatkan pijakan dan mengamankan pengaruh Hamas yang memerintah Jalur Gaza.

“Hamas berniat untuk mengakhiri aktivitas al-Sabrin di Jalur Gaza,” kata sumber-sumber orang dalam mengatakan kepada Asharq Al-Awsat.

Keputusan untuk mengalahkan al-Sabrin tidak diumumkan kepada publik. Hamas ingin menghindari meningkatnya ketegangan dengan rezim Iran.

Sumber mengungkapkan bahwa Hamas telah menyusun rencana untuk secara bertahap membubarkan dan akhirnya menghentikan kehadiran al-Sabrin. Fase pertama adalah menangkap pejabat besar di kelompok yang didukung Iran itu, termasuk memblokir saluran pendanaan dan senjata bagi anggota al-Sabrin.

Salam, dianggap sebagai salah satu propagandis Iran yang paling menonjol di Gaza. Menurut sumber, Salam dan yang lainnya saat ini sedang diperiksa oleh interogator Hamas.

Investigasi difokuskan pada komunikasi, hubungan, senjata dan metode pembiayaan kelompok al-Sabrin. Demikian seperti dikutip Asharq al-Awsat pada Jumat (01/03/2019).

Tiga tahun lalu, Hamas meluncurkan kampanye klandestin melawan gerakan al-Sabrin saat penolakan publik terhadap kelompok itu semakin kuat. Ketegangan Hamas dengan al-Sabrin memuncak setelah Salam menjadi target pembunuhan publik karena aktivitasnya menyebarkan paham Syiah.

Menurut sumber itu, Salam berusaha melarikan diri dari Gaza tetapi gagal. Namun, istri dan 7 anaknya berhasil menetap di Teheran.

Sumber: kiblat.net, Aawsat