Connect with us

Ada 3 Masjid di Inggris yang Dulunya adalah Gereja

Khazanah

Ada 3 Masjid di Inggris yang Dulunya adalah Gereja

ISLAMINEWS.com – ISLAM di Inggris kini mengalami kemajuan pesat. Menurut laporan, sejak 2001 hingga 2016 telah berdiri 423 Masjid. Sebaliknya, telah menutup sekitar 500 gereja dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah.

Berikut ini adalah gereja yang kini berubah menjadi masjid di Inggris:

1.Masjid Zakariyya

Zakariya Jame Masjid adalah masjid sentral di Bolton, Inggris Raya. Sebelumnya adalah bangunan Gereja Methodist yang rusak parah akibat kebakaran hebat. Pihak gereja kemudian menjualnya ke komunitas Muslim Bolton yang memang sedang mencari tempat bagi pembangunan Masjid untuk menampung jemaah yang semakin membeludak sehingga tak tertampung.

2.Madina Jamia

Masjid Al-Madina di Oldham dulunya merupakan Gereja Trinity Wesleyan Methodist. Sempat berubah menjadi pabrik pakaian karena sepi jemaah, bangunan gereja kemudian dibeli oleh komunitas muslim setempat seharga 65 ribu poundsterling dan di ubah menjadi Masjid.

Awalnya tempat ini hanya difungsikan sebagai sekolah Islam dan tidak diizinkan penggunaannya sebagai masjid karena mendapat protes dari warga lokal non Muslim. Namun, izin penggunaan sebagai Masjid akhirnya keluar di tahun 1998 dan masjid ini selesai direnovasi pada tahun 2002.

3.Masjid Essex

Bangunan Masjid ini tadinya adalah sebuah gereja milik United Reformed Church Southend yang dibeli oleh komunitas muslim setempat dengan harga sekitar 850 ribu poundsterling.

Rumah ibadah umat Kristiani ini sudah tidak beroperasi sejak tahun 2006. Awalnya gereja tersebut akan dijadikan apartemen, tapi gagasan itu ditolak oleh Dewan Southend. Akhirnya, gereja itu kosong dan dibeli oleh komunitas Muslim yang tinggal di kota itu, yang juga sedang membutuhkan tempat untuk melaksanakan ibadah.

Bangunan yang telah berumur 100 tahun lebih itu pun disulap menjadi Masjid dengan hanya menambah sebuah menara dan tempat untuk berwudhu.    [iNews/IPC]

Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Khazanah

Gabung Grup Telegram

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[KLIK 2X CLOSE]