Connect with us

Eks Komnas Ham: Reformasi Agraria Tidak Berjalan, Indonesia Bisa Hancur Sebelum 2030

Pertahanan

Eks Komnas Ham: Reformasi Agraria Tidak Berjalan, Indonesia Bisa Hancur Sebelum 2030

ISLAMINEWS.com – Mantan Komisioner Komnas HAM Hafid Abbas menilai jika reformasi agraria tidak diselesaikan maka NKRI bisa bubar.

Menurut Hafid ada beberapa negara yang bubar lantaran reformasi agraria tidak dijalankan dengan baik, seperti negara Afrika Selatan dan Zimbabwe yang bubar karena tidak mampu menyelesaikan reformasi agraria.

Hafid meramalkan jika hal tersebut tidak dijalankan dengan serius, ia meramalkan Indonesia akan hancur kurang dari 2030 seperti pidato Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menilai sudah ada kajian bahwa Indonesia bisa hancur pada 2030.

“Ini masalah yang bahaya. Bisa jadi lebih cepat sebelum 2030,” kata Hafid usai diskusi soal sertifikasi tanah yang diselenggarakan DPP PAN, (21/3).

Hafid menambahkan agar ramalan tersebut tidak terjadi pemerintah perlu membuat kajian komparatif dan mendalam soal reformasi agraria.

Jika ingin membagikan tanah, Hafid menyarankan agar pemerintah mengacu kepada konsep Bung Hatta pada tahun 1948 soal koperasi untuk membagi-bagi tanah rakyat.

“Intinya jangan sampai tanah rakyat dirampas. Ini untuk eksistensi NKRI. Ini kan sesua Nawacita katanya, reformasi agraria harus rampung. Tapi yang ada sekarang tanah dimiliki oleh korporasi,” pungkasnya. [iNews/rmc]

Gabung Di Grup Telegram. KIK DISINI
Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pertahanan

G+ Official

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[KLIK 2X CLOSE]