Connect with us

Gerindra Berpeluang Menang Pemilu 2019 Jika Prabowo Ikut Pilpres. Bagaimana Pendapat Anda?

Nasional

Gerindra Berpeluang Menang Pemilu 2019 Jika Prabowo Ikut Pilpres. Bagaimana Pendapat Anda?

ISLAMINEWS – Partai Gerindra berpeluang memenangi pemilihan umum (Pemilu) 2019, asalkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto kembali maju dalam pemilihan presiden atau wakil presiden 2019.

Demikian diungkapkan peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Rully Akbar saat memaparkan hasil survei terbaru LSI Deny JA soal ‘5 Isu Partai Politik Terkini di Tahun Politik’ di kantor LSI Deny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (24/1).

“Mereka (Gerindra) memiliki peluang jadi peringkat 2 atau jadi pemenang pemilu kalau Prabowo maju lagi di 2019,” kata Rully.

Rully melihat, faktor seorang figur yang menjadi simbol masih kuat dalam mendongkrak suara suatu partai. Hal tersebut tak bisa dilepaskan dari faktor simbolik yang tertanam dari seorang figur yang dianggap sebagai magnet untuk mempengaruhi masyarakat.

“Asosiasi Gerindra dan Prabowo sangat kuat,” ujarnya.

Rully mengatakan, semakin besar figur bisa diterima oleh masyarakat, maka akan berefek pula terhadap peningkatan suara partai yang dipimpinnya pada ajang pemilu.

Keputusan politik Prabowo di Pilpres 2019 akan sangat memengaruhi elektabilitas Partai Gerindra, baik sebagai calon presiden maupun hanya sebagai calon wakil presiden.

Rully mengatakan, hal serupa pernah terjadi di Partai Demokrat. Sosok Susilo Bambang Yudhoyono mendongkrak perolehan suara Partai Demokrat di Pemilu 2009.

“Sama seperti SBY, kalau Prabowo menguat, makin besar peluang Gerindra memperoleh efek elektoral,” tambah Rully.

Pernyataan Rully didasarkan pada survei LSI Denny JA yang dilakukan pada 7-14 Januari 2018. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang.

Pengambilan data dilakukan dengan wawancara tatap muka, kuesioner, diskusi kelompok terarah (FGD) dan analisis media massa. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. [INC/tsc]

Gabung Di Grup Telegram<>. @T.ME/ISLAMINEWSCOM
Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nasional

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[Close Klik 2X]