Connect with us

Hindari Riba, Sebuah Lembaga Islam di India Beri Pinjaman Tanpa Bunga

Ekonomi

Hindari Riba, Sebuah Lembaga Islam di India Beri Pinjaman Tanpa Bunga

ISLAMINEWS.com, Kernataka – Pembiayaan halal sulit ditemukan. Sistem ekonomi saat ini menambah susah orang miskin dari hari ke hari. Namun, di kota kecil Bhatkal di India, sebuah lembaga Islam memberikan secercah harapan kepada mereka yang membutuhkan.

The Islamic Welfare Society Bhatkal memberikan pinjaman tanpa bunga kepada mereka yang membutuhkan. Uang yang dipinjamkan berasal dari dana masjid. Pinjaman ini tidak seperti bank tradisional yang sering mengenakan bunga tinggi, yang menyebabkan banyak orang bertambah miskin.

“Daripada menarik bunga, The Islamic Welfare Society Bhatkal menerima perhiasan dan emas sebagai jaminan,” kata Ilmfeed dalam laporannya, Jumat (23/03/2018) lalu.

Berjalan selama 33 tahun, lembaga itu belum pernah sekalipun menjual atau melelang satu perhiasan atau emas. Hal ini menunjukkan sistem yang mereka adopsi baik, untuk mereka sendiri maupun nasabah.

Layanan ini tidak dikhususkan bagi Muslim. Pemeluk agama apapun dipersilakan untuk mengambil pinjaman. “30% pelanggan mereka adalah non-Muslim,” kata situs itu.

Pemerintah India belum secara resmi mengakuinya sebagai lembaga keuangan. Kendati demikian, The Islamic Welfare Society Bhatkal dapat menjadi contoh cemerlang tentang bagaimana sebuah lembaga Islam dapat berkembang dalam membantu mereka yang membutuhkan melalui ajaran dan prinsip Islam.

Sumber: kiblat.net, Ilmfeed,

Loading...

Comments

comments

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi

Gabung Grup Telegram

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini: