Connect with us

JITU: Kritis Tapi Tidak Sebar Hoaks

Nasional

JITU: Kritis Tapi Tidak Sebar Hoaks

ISLAMINEWS – “War on Hoax” sedang menjadi tage line pemerintah dan berita media-media nasional, pasca penangkapan anggota grup Familiy MCA yang dituding aparat sebagai penyebar hoaks. Untuk menyingkap tabir seputar hoaks dan bagaimana memeranginya, Jurnalis Islam Bersatu (JITU) menggelar diskusi publik bertajuk #WarOnHoax, Tetap Kritis Tanpa Hoax.

Ketua Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Muhammad Pizaro mengatakan hoaks menjadi buah bibir saat ini, reaksi pemerintah untuk memerangi hoaks pun terbilang getol. Akan tetapi dalam penindakannya aparat justru bukan total memerangi hoaks, namun terkesan hanya memerangi pihak tertentu.

“Dalam hal ini Muslim Cyber Army saat ini yang ditonjolkan oleh aparat dan pemerintah sebagai penyebar hoaks. Padahal jika tujuannya memerangi hoaks, maka aparat harus adil dalam penindakannya,” katanya dalam diskusi JITU di aula Masjid Abu Bakar Assidiq, Jakarta Timur, Sabtu, (10/3/2018).

Pizaro menjelaskan dengan diskusi publik ini JITU berharap masyarakat utamanya aktivis yang aktif dalam dunia media sosial mendapatkan bekal dalam bersosial media tanpa terjebak dalam hoaks. Sehingga terhindar dari delik pidana Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Kritis boleh, tapi tidak menyebar hoaks,” tegasnya.

Dalam diskusi #WarOnHoaks” JITU menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten. Narasumber itu, Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Prof. Ibnu Hamad, Ketua Majelis Fatwa dan Pusat Kajian DDII, Dr. Zain An Najah dan Dewan Syuro JITU, Mahladi. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon turut hadir menjadi pembicara. Saat ini acara masih berlangsung di Aula Masjid Abu Bakar Assidiq, Jakarta Timur. [iNews/kbn]

Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nasional

Gabung Grup Telegram

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[KLIK 2X CLOSE]