Connect with us

Komikus Jepang Sindir Jokowi, Begini Reaksi Hikmahanto

Nasional

Komikus Jepang Sindir Jokowi, Begini Reaksi Hikmahanto

ISLAMINEWS – Guru Besar Hukum Internasional UI Prof Hikmahanto Juwana menilai pemerintah Indonesia tidak perlu menyikapi atau menanggapi sindiran Komikus Jepang Onan Hiroshi terhadap Presiden Joko Widodo. Pendapat Onan merupakan peribadi dan bukan pendapat resmi Pemerintah Jepang.

“Tidak perlu disikapi oleh Pemerintah RI. Ini kan pandangan komikus bukan pandangan pemerintah Jepang. Di sana mungkin kan ada kebebasan berpendapat,” ujar Hikmahanto kepada detikcom, Minggu(26/2/2018).

Menurut Hikmahanto sindiran Onan tidak perlu dilebi-lebihkan. Yang bertanggung jawab atas sindiran tersebut adalah Onan sediri dan bukan pemerintah Jepang.

“Yang bertanggung jawab tentunya si kartunis itu sendiri bukan Jepang sebagai negara. Mungkin si kartunis mendapatkan pandangan tersebut karena membaca berita tentang proyek kereta cepat,” kata Hikmahanto.

Hikmahanto pun menyebut kasus serupa saat kartunis asal Prancis yang kala itu menggambarkan Nabi Muhammad SAW. Yang dituduhkan dan bertanggung jawab kala itu adalah kartunis dan majalah yang menerbitkan.

“Misalnya waktu ada kartunis di Perancis yang menggambarkan Nabi (Muhammad SAW) kan tidak dituduhkan ke negara Perancis melainkan ke majalahnya. Ke Pimred dan kartunisnya,” ucapnya.

Hikmahanto menilai wajar jika publik di Tanah Air marah akibat sindiran Onan tersebut. Hal itu karena masyarakat memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

“Berarti rasa nasionalisme masih ada dan ini merupakan bentuk dari bela negara. Tapi saya yakin ada juga masyarakat kita yang setuju dengan penggambaran oleh kartunis Jepang tersebut. Namanya era demokrasi dan masyarakat sudah terbelah dengan dua polar yang berbeda,” imbuhnya. [iNews/dtk]

Gabung Di Grup Telegram. KIK DISINI
Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nasional

G+ Official

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[KLIK 2X CLOSE]