Connect with us

Kunci Menjalin Kehidupan Rumah Tangga Yang Sakinah Dan Dicintai Oleh Allah SWT

Relationship

Kunci Menjalin Kehidupan Rumah Tangga Yang Sakinah Dan Dicintai Oleh Allah SWT

SUARA.Co – Seringnya manusia kurang mensyukuri rezeki yang sudah diberikan kepada mereka adalah karena dia beranggapan bahwa rezeki itu hanyalah berupa materi belaka yang tidak lain bernama uang. Padahal rezeki itu tidak saja berupa dalam bentuk materi, tetapi juga bisa dalam bentuk nonmateri.

Salah satu contohnya adalah keluarga yang sakinah. Bisa jadi seseorang yang hidupnya miskin dan tidak kaya harta tapi dia mempunyai keluarga yang membuatnya bahagia tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Kebahagiaan tersebut adalah rezeki yang sangat patut untuk disyukuri.

 

Kebahagian Dalam Rumah Tangga Adalah Puncak Kebahagiaan Di Dunia

Kebahagiaan rumah tangga mempunyai kadar tertinggi di antara kebahagiaan yang lain. Terutama kebahagiaan yang dirasakan bersama anak dan istri dalam sebuah hubungan keluarga.

Setiap manusia dalam hidupnya pasti pernah merasakan saat-saat bahagia. Mungkin pada saat ia lulus ujian di sekolah, atau mungkin juga ketika memenangkan sebuah kejuaraan, atau saat melangsungkan pernikahan, dan sebagainya. Namun Allah SWT telah memberikan anugerah yang lebih besar dalam kehidupan berumah tangga.

 

Rasa Bahagia Dalam Rumah Tangga Melebihi Dari Kebahagiaan Yang Lainnya

Dalam keluarga yang sakinah tentu terdiri dari orang-orang yang saleh dan taat menjalankan ibadah, menjauhi dari kemaksiatan, dan juga banyak beramal.

Sang suami selalu siap membangunkan keluarganya untuk bangun malam dan melakukan shalat tahajud. Tiap maghrib atau lepas subuh rumah mereka ramai dengan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an. Mereka juga gemar bersedekah dan menyantuni para fakir miskin.

 

Dasar Agama Adalah Yang Utama Bagi Terjalinnya Keluarga Yang Sakinah

Suami dan seorang istri yang saleh tentu akan saling menghargai dan juga menghormati satu sama lain. Seperti ungkapan berikut ini “Tidak ada pria baik kecuali di belakangnya ada istri yang baik, dan tidak ada pria yang buruk kecuali ada istri yang buruk pula di belakangnya.”

Demikian pula sebaliknya dengan wanita. Dukungan yang diberikan adalah untuk melaksanakan kebaikan dan menciptakan kondisi agar keduanya bisa saling harmonis didalam kehidupan berumah tangga.

 

Saling Mengisi Kekurangan Satu Sama Lain Sangat Penting Dalam Membina Kerukunan Berumah Tangga

Pasangan suami dan istri juga harus saling mengisi kekurangan masing-masing. Allah menciptakan manusia dengan sifat yang berbeda. Mereka saling berdampingkan agar tercipta keserasian dan kesempurnaan.

Keluarga yang sakinah tentunya saling mencintai satu sama lain. Namun kecintaan yang mereka miliki didasarkan pada kecintaan mereka terhadap Allah. Jika dalam keluarga tercipta suatu hubungan yang harmonis maka akan menciptakan kesejahteraan dalam kehidupan disekitarnya.

 

Laki-laki Adalah Pemimpin Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Secara peran, seorang suami adalah pemimpin dalam keluarga. Dialah orang yang paling bertanggung jawab dalam membina rumah tangganya. Seorang suami harus bekerja keras mencukupi kebutuhan keluarganya, mendidik istri untuk berbuat kebaikan serta memberi contoh pada anak-anaknya agar taat beribadah kepada Allah dan bermanfaat bagi masyarakat.

Seorang suami yang saleh akan sangat memperhatikan tingkah laku istri dan anaknya, apakah sesuai dengan ajaran agama atau tidak. Karena semua kelakuan dan akhlak mereka adalah juga merupakan tanggung jawab seorang suami.

BACA JUGA: Bukan Apa Yang Engkau Miliki Melainkan Apa Yang Engkau Berikan

Istri Yang Saleh Adalah Taat Pada Suami, Menjaga Harta Suami Dan Kehormatan Dirinya

Salah satu ciri dari istri yang saleh adalah mereka taat dan patuh kepada suaminya, menyenangkan jika dipandang, menjaga harta suami dan kehormatan dirinya tatkala sang suami sedang tidak bersamanya.

Jadi, suami yang mempunyai istri salehah dan dikaruniai anak saleh berarti memiliki rezeki yang baik dari Allah. Anugerah itu harus senantiasa disyukuri dengan selalu menjaga dan mempertahankan keutuhan keluarganya.

 

BACA JUGA: Bersabarlah Ketika Musibah Datang, Karena Kamu Adalah Manusia yang Sangat Istimewa Dimata Allah

Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Relationship

Gabung Grup Telegram

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top