Connect with us

Mata Adalah Jendela Hati, Jaga Mata Dengan Kebaikan Agar Hati Selalu Teduh Dalam Kebijaksanaan

Relationship

Mata Adalah Jendela Hati, Jaga Mata Dengan Kebaikan Agar Hati Selalu Teduh Dalam Kebijaksanaan

SUARA.Co – Kedua mata tak tersentuh oleh panasnya api neraka, apabila mata tersebut selalu dibasahi dengan air mata yang menangis karena takut pada Allah dan mata yang senantiasa terjaga dalam jalan yang diridhoi-Nya.

Jaga mata dengan kebaikan, agar senantiasa teduh dalam kebijaksanaan. Matamu adalah jendela hatimu, apabila mata tetap terjaga dalam kebaikan, nisacaya hati pun akan menjadi baik.

Kendalikan Jendela Hati Dengan Keimanan, Karena Mata Adalah Anugerah Dan Nikmat Dari-Nya yang Diamanahkan Padamu

Akibat tak terjaganya mata dengan baik, maka kamu pun bisa terjerumus ke dalam dosa kecil dan dosa yang besar. Seringkali kita tidak sadar, dengan memvonis, berghibah dan memfitnah seseorang karena mata yang digunakan untuk melihat dibiarkan berkelana sesuka hati tanpa menelisik suatu kebenaran.

Kendalikan jendela hatimu, yakni matamu itu dengan penuh keimanan. Agar yang terlihat hanyalah hal-hal yang tidak bersifat kemaksiatan. Karena mata seseorang adalah anugerah dan nikmat yang diberikan oleh-Nya dan diamanahkan kepadamu.

Ketika Mata Dibiarkan Bebas Memandang Semaunya, Maka Sikap Dan Perilaku Pun Ikut Bebas Sesuka Hatinya

Apabila mata dibiarkan dalam kebebasan untuk memandang semuanya, maka perilaku dan sikap kita pun menjadi bebas melakukan apapun sesuka hati. Jaga selalu mata agar tetap terkendali dengan keimanan agar sikap dan perilaku pun ikut terjaga dengan kebaikan.

Sadarilah bahwa berghibah merupakan dosa bagimu, janganlah biasakan dirimu untuk melihat keburukan dari seseorang, lihatlah dari kebaikan-kebaikan dalam hidupnya, karena kamu tidak tahu jika sisi buruknya suatu saat bisa merubah hidupnya kepada kebaikannya.

Hidayah Selalu Ada, Bagi Kesalahan yang Mau Digantikan Dengan Kebenaran Dan Keburukan yang Mau Diganti Dengan Jalan Kebaikan

Syetan senantiasa untuk mendorong hati dan matamu untuk melihat sisi buruk seseorang tanpa melihat kebaikan dari orang tersebut. Tanyakan pada hatimu, apakah keburukan seseorang itu akan selamanya membuatnya menjadi seseorang yang jahat?

Ingatlah selalu bahwa ada hidayah dari-Nya dalam kehidupan ini. Hidayah untuk mereka yang berbuat kesalahan dan mau memperbaiki kesalahannya. Hidayah baginya yang melakukan keburukan dan mau menggantikannya dengan jalan kebaikan.

Jangan Mudah Memvonis, Lihat Dulu Kebenarannya, Karena Bila Kita Tidak Menemukan Kebenaran, Maka Kita Tak Pernah Tahu Apa yang Sebenarnya Terjadi

Jangan mudah untuk memvonis orang lain dengan mata kita. Cobalah lihat dulu kebenaran yang sebenarnya terjadi, sebelum kamu memvonis perbuatan seseorang itu salah atau tidak. Karena jika kita tidak tahu apa kebenarannya, maka kita pun tak akan pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi.

BACA JUGA:

Ingat, kesalahan seseorang masih bisa dimaafkan, bila kamu tidak bisa memaafkannya, belum tentu Allah juga tidak bisa memaafkannya. Masih ada Allah yang Maha Pengampun setiap dosa hamba-hambaNya.

Bukan Dengan Hawa Nafsu, Namun Dengan Mata Hati Kita Untuk Melihat Perbuatan-perbuatan yang Dilakukan

Jangan pernah merasa bahwa kamu adalah orang yang paling benar, yang gampang menyalahkan orang lain. Lihatlah setiap perbuatan dengan mata hatimu tidak dengan hawa nafsumu.

Dengan mata hati maka, kita pun akan menyadari kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat oleh diri kita sendiri. Jangan hanya melihat kesalahan orang lain saja. Sebab tak ada yang sempurna dari manusia, mustahil bagi manusia untuk tidak sekalipun berbuat kesalahan dalam hidupnya. Jadi bukalah jendela hatimu, agar kamu selalu bijak dalam memandang sesuatu dalam hidup ini.

BACA JUGA:

Gabung Di Grup Telegram<>. @T.ME/ISLAMINEWSCOM
Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Relationship

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
[Close Klik 2X]