Connect with us

Menko Luhut: Keahlian Pekerja Lokal Belum Cukup Dukung Proyek Miliaran Dolar

Ekonomi

Menko Luhut: Keahlian Pekerja Lokal Belum Cukup Dukung Proyek Miliaran Dolar

ISLAMINEWS – Pemerintah tengah menyiapkan aturan anyar dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres) untuk mempermudah izin kerja tenaga asing (TKA) di Indonesia. Aturan tersebut bakal menjadi payung hukum tentang tenaga kerja asing (TKA) khusus yang bakal bekerja di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tujuan utama dari aturan tersebut adalah mendorong transfer keahlian pada bidang-bidang belum dikuasai tenaga kerja Indonesia. Bila keahlian yang dimiliki tenaga kerja Indonesia sudah mumpuni dan kompeten, tentu, kehadiran tenaga kerja asing dapat digantikan.

“Jadi kita banyak keahlian yang belum cukup untuk men-support proyek-proyek yang miliaran dolar, kita kasih saja dulu waktu ke mereka, kita kasih 3-4 tahun sambil dia melatih orang Indonesia untuk menggantikan nantinya. Karena kalau hanya SDM dalam sendiri, itu tidak akan proyek cepat selesai dalam bidang tertentu,” ungkapnya di sela-sela acara Jakarta Food Security Summit 4, di JCC, Jakarta, Jumat (9/3).

Sementara itu, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam negeri akan terus dikembangkan, terutama melalui pendidikan khusus, dan vokasi. “Sudah seperti buat politeknik, ini kan bukan 1 sampai 2 tahun. Bisa 4 sampai 5 tahun, setiap perusahaan besar, miliaran dolar kita minta mendidik SDM kita,” tegas dia. [iNews/mdk]

Gabung Di Grup Telegram<>. @T.ME/ISLAMINEWSCOM
Loading...

Incoming search terms:

  • luhut bilang indonesia tidak siap dengan proyek milyaran

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[Close Klik 2X]