Connect with us

Siap Tempur! Militer Turki Dan FSA Lakukan Operasi Darat Di Suriah

Internasional

Siap Tempur! Militer Turki Dan FSA Lakukan Operasi Darat Di Suriah

Tentara Turki dan Tentara Suriah Bebas (FSA), Senin (22/01), memulai serangan darat dari kota A’zaz di utara Aleppo ke kota Afrin, kota yang dikontrol milisi Kurdi YPG. Dilaporkan operasi itu langsung membebaskan sejumlah wilayah.

Militer Turki mengonfirmasi satu tentaranya tewas dalam pertempuran yang berlangsung sengit itu. Sementara FSA berhasil merebut bukit Barasaya di sekitar Afrin. Bukit ini, kata militer Turki, digunakan untuk menembakkan roket ke kota dan desa yang dikontrol FSA di pedesaan Aleppo utara.

Di saat yang sama, wartawan Al-Jazeera di lapangan melaporkan bahwa FSA telah mengambil alih desa Syaikh Wabasy, Murshu dan Haftaru di pinggiran Balbel di Afrin utara. Sehari sebelumnya, FSA mengambil sejumlah kota di sekitar desa itu.

Secara keseluruhan, sedikitnya 12 desa dan kota serta empat bukit berhasil direbut dihari pertama operasi darat. Afrin sendiri terdiri dari dari 350 kota dan desa.

Sudah tiga hari militer Turki meluncurkan operasi militer ke Afrin dengan didukung FSA. Namun operasi itu lebih fokus menggempur titik-titik milisi Kurdi dari udara dan darat. Khususnya, lokasi-lokasi yang disinyalir menjadi basis peluncuran roket.

Perdana Menteri Turki Ben Ali Yildirm mengatakan kemarin bahwa operasi di Afrin akan melalui empat tahap. Tujuan operasi ini membangun zona aman sejauh 30 kilometer di Suriah utara. Di sisi lain, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menginginkan operasi ini selesai dalam waktu singkat

Loading...

Comments

comments

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Internasional

Gabung Grup Telegram

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[KLIK 2X CLOSE]