Connect with us

Memang Beda! Swedia Bangun IKEA di Cakung, Anies Minta Warga DKI Jadi Pekerjanya

Ekonomi

Memang Beda! Swedia Bangun IKEA di Cakung, Anies Minta Warga DKI Jadi Pekerjanya

ISLAMINEWS – Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. Ini adalah kunjungan kedua Johanna ke Balai Kota setelah sebelumnya bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno pada Februari, yang antara lain membahas rencana pembangunan IKEA di Cakung, Jakarta Timur.

Pertemuan Johanna-Anies membahas investasi yang akan ditanamkan oleh beberapa perusahaan Swedia di Jakarta, termasuk IKEA di Cakung.

“Mereka menyampaikan ada rencana investasi pembangunan fasilitas di Cakung. Kemudian saya garis bawahi pada mereka bahwa nomor satu taat pada seluruh aturan ketentuan. Semuanya ditaati. Dan mereka menyatakan bahwa iya dan akan melakukan dan sudah dilakukan,” ucap Anies di Balai Kota, Jumat (9/3).

Anies meminta tenaga kerja untuk pembangunan fasilitas itu harus berasal dari Indonesia, utamanya warga Jakarta. Ia percaya pembangunan yang difasilitasi oleh Swedia ini dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Jakarta.

“Karena selama proses konstruksi akan dibutuhkan lebih dari 1.400 orang, dan nanti sesudah beroperasi akan lebih dari 400 orang,” jelas Anies.

Selama berdiskusi dengan Johanna, Anies berharap tenaga kerja yang dilibatkan dapat menjadi bagian dari kegiatan usaha masyarakat setempat. Dia juga berharap masyarakat dapat merasakan manfaat dari pembangunan tersebut.

Anies mengatakan, pembangunan IKEA di Cakung akan dimulai setelah urusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) selesai.

“Fasenya sekarang mereka selesai pengukuran oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional). Nanti, setelah BPN selesai pengukuran, mereka akan mengurus isi PPT. Setelah itu keluar, baru urus IMB, baru mulai,” ujar Anies.

Menerima kunjungan YM Duta Besar Kerajaan Swedia, Johanna Brismar Skoog, di Balai Kota. Dalam pertemuan tadi membicarakan banyak hal, di antaranya niatan investasi beberapa perusahaan Swedia di Jakarta. Dalam waktu dekat akan ada investasi di Cakung yang akan menambah 1.300 tenaga kerja selama masa pembangunan dan 400 tenaga kerja setelah beroperasi. . Pesan kita jelas: tenaga kerja harus dari Indonesia, bahkan agar mengutamakan warga Jakarta, dengan begitu perusahaan juga akan menjadi bagian dari komunitas yang untuk jangka panjang pasti berdampak positif bagi semua. Pastikan pula semua peraturan dan ketentuan ditaati. . Selain itu, kita juga membicarakan tentang dukungan pengelolaan sampah, serta penegasan kembali rencana negara-negara Nordik untuk mengirim pakar dan pegiat perkotaan ke Jakarta untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman. Menarik untuk belajar dari Swedia, negara dengan PDB per kapita tertinggi ketujuh di dunia, dan berhasil menjaga tingkat ketimpangan terkecil ketiga di antara negara-negara maju. Semoga kerjasama ke depan semakin erat dan memberi keuntungan bagi warga Jakarta.

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on


Selain itu, pertemuan mereka juga membahas masalah pengelolaan sampah, serta rencana negara-negara Nordik (Swedia, Denmark, Finlandia, dan Norwegia) yang akan datang ke Jakarta pada April mendatang. Kedatangan mereka direncanakan akan saling bertukar ilmu dan pengetahuan dari berbagai aspek.

“Empat negara ini akan mengunjungi Jakarta tanggal 26 April, dan dalam pertemuan itu kita akan bahas aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk Jakarta. Aspek infrastruktur, aspek pendidikan, aspek kesejahteraan keluarga, dan ada beberapa aspek lain,” pungkas Anies. [iNews/kpr]

Gabung Di Grup Telegram<>. @T.ME/ISLAMINEWSCOM
Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[Close Klik 2X]