Connect with us

Turki Ancam Kerahkan Militer Rebut Manbej Dari Milisi Kurdi

Timur Tengah

Turki Ancam Kerahkan Militer Rebut Manbej Dari Milisi Kurdi

ISLAMINEWS.com – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, Kamis (22/03), negaranya akan menggunakan kekuatan untuk mengeluarkan milisi kurdi YPG dari kota Manbej di pedesaan Aleppo Timur, Suriah Utara. Langkah itu diambil jika YPG tidak menarik diri dari Manbej sebagaimana kesepakatan antara Turki dan AS.

“YPG akan keluar dari Manbej. Kota itu nantinya akan dikelolah oleh Turki dan AS,” katanya seperti dinukil Al-Jazeera dari Anadolu Agency.

Dia menjelaskan, Manbej akan menjadi model penerapan kesepahaman Turki-AS di Suriah. Jika berhasil, cara seperti ini akan diterapkan di kota-kota lainnya.

Akan tetapi, lanjutnya, jika rencana ini gagal, kami akan menggunakan kekuatan untuk menghabisi YPG dari seluruh kota di luar Turki. Perlu dicatat, di Manbej terdapat pangkalan militer AS.

Turki Presiden Recep Tayyip Erdogan telah berulang kali mengatakan dalam beberapa hari terakhir akan memperluas operasi militer terhadap kota-kota yang dikontrol Kurdi YPG. Operasi itu telah sukses di Afrin dan selanjutnya menuju Manbej. Manbej sendiri merupakan kota Suriah yang dikontrol YPG dan berdampingan dengan Turki serta Iraq.

Namun, Washington sejauh ini menentang operasi militer Turki terhdap YPG. AS beralasan, operasi itu telah menghambat operasi melawan ISIS. Sementara YPG merupakan sekutu utama AS di Suriah.

Manbej sebelumnya dikontrol oleh Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS). Melalui pertempuran sengit yang meporak-porandakan kota, Kurdi YPG yang dibantu AS berhasil merebut kota itu. Sejumlah informasi menyebutkan, YPG mengusir warga non-Kurdi dan melakukan perubahan demografi.

Sumber: Al-Jazeera, Kiblat.net

Gabung Di Grup Telegram. KIK DISINI
Loading...

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Timur Tengah

G+ Official

Trending

Politik

Khazanah

Hukum

To Top
%d blogger menyukai ini:
[KLIK 2X CLOSE]